Rabu, 23 Januari 2013

HYUNDAI HCD 6

Agaknya Hyundai terlambat memperkenalkan roadster konsep bergaya funky ini. Mobil Roadster ini mampu menarik perhatian pengunjung pada gelaran Ghicago Auto Show tahun kemarin. Meski mesinnya menggunakan mesin Hyundai Santa Fe, tapi performanya berbeda.  Pada belakang dan mesinnya ditanam di tengah, mirip Toyota Spyder. HCD 6 diklaim mampu mengungguli Honda 52000 dalam performa larinya.  Hal initergolong aneh, karena mobil Korea belum memiliki tradisi di dunia roadsfer. Kemampuan lari HYUNDAI HCD 6 didukung oleh mesin Santa Fe V-6 2.700cc yang  yang bentuknya terinspirasi dari layanglayang pantai tersebut dilengkapi tombol fungsi yang minimalis. Hyundai memberi nama roadster tersebut dengan HCD 6. Mobil ini menggendong mesin Santa Fe, tapi dengan kapasitas lebih besar, yaitu 2.700cc. Seperti produk Hyundai lainnya (yakni Elantra, Santa Fe, Sonata, Tiburon, dan XG 300), HCD 6 pun merupakan produk yang kualitasnya cukup baik.

Hadirnya mobil konsep ini seolah mengindikasikan, kalau Hyundai ingin menggarap pasar mobil roadster. Kompetitornya adalah Honda 52000, Mazda Miata, dan Toyota MR2 Spyder. Hyundai HCD 6 dibuat di California Amerika Serikat. Oleh karena itu, mobil ini diberi nama HC (Hyundai-California). Sedangkan angka enam merupakan nama serinya. Mobil  ini  dilengkapi sistem double overhead head camshal/ (DOHC) dan mampu menghasilkan tenaga puncak 215tk serta menggunakan transmisi manual 6 kecepatan. Yang menarik pada mobil ini, ruang kompartemen mesinnya ditutup dengan bahan transparan. Hal ini  memberi kesan modis pada Hyundai HCD6 . Apalagi di bagian samping bodi mobil ini, di dekat roda belakang, terdapat saluran udara yang berfungsi untuk mendinginkan mesin V-6. Sebagai mobil konsep, Hyundai HCD6 menawarkan kenyamanan dalam pengendaraan. Dimana pada keempat rodanya dipasang suspensi /independent.

Sementara kesan sangar diperoleh dari bannya yang berukuran 18 inci. Tidak itu saja, saluran buang mobil bentuknya datar sejajar dengan bemper belakang. Juga lampu belakang mobil ini bentuknya kristal, sedangkan lampu utamanya berbentuk prismatik. Untuk bahan penutup lampu tersebut terbuat dari fiber optik. Yang menarik adalah adanya tambahan proyektor pada lampu itu  untuk memberi kejernihan sinar pada saat mengendarai mobil di malam hari. Disainer mobil ini mengonsep ruang kokpit Hyundai HCD6  sesederhana mungkin. Kabin bagian dalam yang berbentuk segitiga, mengesankan seperti papan luncur yang siap memberi kesenangan bagi pengendaranya. Pada panel pengemudi di isi tachometer yang menggunakan kaca cekung.

Di sampingnya terpasang spidometer analog yang berbentuk konsentris (bulat). Di bawah keduanya terdapat indikator temperatur mesin serta indikator bahan bakar. Perangkat-perangkat di atas memang umum dipakai pada setiap mobil, namun ia berbeda dengan yang lain sebab didisain seperti jam selam pelaut. Pusat panel pada kokpit mobil ini terkesan minimalis. Hanya ada satu tombol stereo dan satu tombol pengatur udara. Tombol stereonya berfungsi untuk menjalankan CD atau MP3 player. Hal ini membuat konsumen muda yang penuh gairah dan aktivitas akan sangat nyaman berada di dalam mobil ini. Namun secara keseluruhan Hyundai HCD6  sangat menarik dan enak dipandang mata. Menikmati mobil ini sepertinya tidak  percaya kalau HCD 6 dibuat oleh pabrikan Asia, Hyundai. Pasalnya, Hyundai selama ini memproduksi mobil penumpang saja, bukan roadster seperti sekarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar