Senin, 31 Desember 2012

Nissan Micra Pure Drive

Nissan kembali membuat sensasi. Kali ini melalui tangan nissan micra Pure Drive yang akan menjadi superstar di dunia. Dengan teknologi Pure Drive, pabrikan Jepang ini memproduksi salah satu mobil paling bersih yang pernah ada, dan siap diproduksi. Hal ini dimungkinkan karena Nissan mempersenjatai Micra Pure Drive dengan mesin berteknologi tinggi. Betul, inilah mesin 3 silinder 1.200 cc Nissan yang dilengkapi supercharger dan sistem direct injection. Aplikasi teknologi tinggi ini membuat mesin HR12DDR berkapasitas 1.200 cc mampu mencapai level terendah dalam konsumsi bbm, dengan tenaga setara mesin 1.500 cc.

Tidak hanya itu, kadar emisi CO, di gas buangnya pun termasuk golongan paling rendah yaitu sekitar 95 g/km. Alhasil, Nissan Micra Pure Drive alias March superchnrger ini pun resmi masuk jalur produksi. Dan  kami mendapat kesempatan menjajalnya berkat undangan PT Nissan Motor lndonesia (NMI) di test track Nissan GranDrive di Oppama, Jepang. Setelah mendapat briefing singkat dari instruktur sekaligus teknisi R&D Nissan, kami pun tak sabar untuk mengenal lebih dekat Micra superbersih ini.

Nuansa interiomya tak terlalu asing, sama dengan beberapa unit March yang dipajang di booth Nissan pada IIMS 2010. Begitu kunci kontak diputar, mesin mungil ini langsung mengeluarkan deruman halus. Sembari menunggu aba-aba dari petugas lapangan sebagai izin memasuki sirkuit, sekali-sekali kami menjajal respons throttle. Dalam kondisi diam, mesin terasa responsif, terutama di rentang 2.000-3.000 rpm. Time for action. Nissan micra Pure Drive pun memulai aksinya pada bagian pertama sirkuit, Mesin Nissan Micra menggeliat dengan responsif dikecepatan antara 40 km/jam hingga 60 km/jam disaat yang sama kami melirik takometer yang   jarumnya menunjukkan angka tak lebih dari 2.000 rpm. Kondisi ini cocok dengan situasi lalu lintas perkotaan yang mernang 'bermain' di kisaran kecepatan itu.

Saat melintas di beberapa tikungan sirkuit GranDrive, kelincahan nissan micra Pure Drive bisa diandalkan. Meski ada, gejala limbung masih berada dalam batas toleransi, termasuk di tikungan tajam sekalipun. Dan akhirnya kami pun memasuki bagian sirkuit yang ditunggu-tunggu, trek lurus. Di sinilah kermampuan akselerasi nissan micra Pure Drive mengalami ujian. Secara berurutan, posisi tuas persneling karni pindahkan hingga gigi 5 untuk merasakan tenaga sesungguhnya. Dan, kecepatan 130 krn/jam enteng saja dibukukan Micra dengan putaran rnesin tidak lebih dari 3.000 rpm.


Teknologi DIG (Direct Injector Gasoline)  supercharger membuat mesin 3 silinder Nissan ini mamu memberikan tenaga ekstra pada Micra. Peak Powernya yang mampu meledak hingga 98 dk mengklaim perfma mesin 1.200 cc ini setara clengan unit berkapasitas 1.500 cc. Wajar kalau Nissan begitu percaya diri untuk mengaplikasikan teknologi ini untuk produk globalnya. FIRST IPINION  Nissan tengah berkonsentrasi penuh pada produk global ini. Beragam teknologi canggih pun disematkan pada conpact car ini. Setelah memperkenalkan teknologi dual injector pada dapur pacu nissan micra Pure Drive dan transmisi Xtronic generasi terbaru memperlihatkan penggunaan supercharger dan teknologi direct injection untuk melonjakkan tenaga sekaligus menekan kadar emisi gas buang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar